Jenis-Jenis Atap Polycarbonate dan Karakteristiknya

Anda tentu sudah tidak asing dengan jenis atap Polycarbonate. Sejak mendapatkan hak paten pada tahun 1990-an, penggunaan material ini langsung melejit di Indonesia.

Material satu ini memiliki karakter umum yang sangat khas, yaitu transparan, elastis untuk dibentuk, namun terbuat dari bahan kuat. Dengan demikian, Polycarbonate memiliki fungsi ganda. Sebagai pelengkap kontruksi sekaligus dekorasi hunian.

Saat ini, Polycarbonate hampir menjadi aspek wajib dalam setiap hunian di Indonesia. Biasanya, atap ini dipasang untuk teras rumah, balkon, garasi, area parkir, kanopi, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik untuk mengadopsi material satu ini untuk bangunan kesayangan, alangkah baiknya menelusuri lebih dahulu aneka ragam produknya. Tujuannya agar Anda bisa menyesuaikan jenis Polycarbonate yang paling cocok.

Mengenal Ragam Jenis Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate memiliki 4 jenis produk dengan tipe berbeda-beda. Misalnya, atap Polycarbonate gelombang memiliki kecocokan dengan medan bangunan yang lebih luas. Begitupun dengan jenis-jenis lain.

Tanpa panjang lebar, langsung saja berikut ini jenis-jenis atap Polycarbonate;

1.      Multiwall Polycarbonate

Varian pertama adalah Multiwall Polycarbonate. Jenis ini memiliki tipe:

  • Kekuatan material yang kuat sehingga terjamin anti bocor di musim hujan;
  • 250 kali lebih kuat daripada kaca;
  • Mudah disesuaikan dengan bentuk bangunan sebelum proses pemasangan;
  • Memiliki lapisan pelindung dari sinar UV;
  • Umumnya tersedia garansi untuk pembelian.

Multiwall Polycarbonate memiliki tampilan yang sangat estetik dan memberikan kesan modern yang kental. Ini adalah varian yang paling umum kita temukan pada perumahan maupun hunian-hunian dengan konsep minimalis.

Atap Multiwall cocok untuk area teras, garasi, kanopi, atau selasar. Produk ini bisa memberikan dampak ruang menjadi lebih luas, terang, dan nyaman.

2.      Solid Polycarbonate

Adapun jenis kedua ini mempunyai karakteristik yang cukup berbeda dengan sebelumnya, yaitu:

  • Memiliki kejernihan seperti kaca sehingga mampu mengantarkan intensitas cahaya hingga 100%;
  • Memiliki kekuatan puluhan kali lipat lebih besar daripada akrilik;
  • Bahan sangat padat sehingga hampir tidak bisa pecah;
  • Bobot ringan sehingga tidak membutuhkan banyak kerangka untuk menopang;
  • Bersifat meredam suara sehingga cocok untuk digunakan pada bangunan dengan kondisi sekitar yang bising.

Dengan kualifikasi di atas, Solid Polycarbonate cocok untuk pelindung mesin, membuat rumah kaca, penanda jalan, aksesoris lampu gantung, bahkan pelapis dalam baju perisai.

Kualitas ini tentu juga berpengaruh terhadap harga atap Polycarbornate per-lembar. Namun meskipun lebih mahal, harga atap ini masih cukup terjangkau. Jika tidak percaya, Anda bisa mendapatkannya melalui https://www.lightgroupindonesia.com.

3.      Corrugated Polycarbonate

Deretan atap Polycarbonate selanjutnya adalah corrugated Polycarbonate. Adapun sifatnya adalah sebagai berikut:

  • Ramah lingkungan, hemat listrik;
  • Memiliki kadar transparansi maksimal seperti kaca;
  • Menahan panas masuk ke dalam ruangan;
  • Tahan terhadap benturan;
  • Tidak terpengaruh oleh perubahan suhu ekstrim hingga 220 CC dan -20 derajat.

Corrugated memiliki banyak variasi ukuran Polycarbonate. Cocok untuk atap kolam renang, bangunan industri, atap jendela, dan teras.

Selain menawarkan kekuatan material, aspek estetika atap ini tetap prima. Jadi cocok untuk pemasangan di ruang-ruang publik.

4.      Corrugated Multiwall Polycarbonate

Adapun varian atap Polycarbonate terakhir ini mungkin adalah yang paling mudah dikenali. Tekstur material yang berongga membuat corrugated multiwall menjadi lebih kuat sekaligus estetik.

Uraian lebih lengkap mengenai sifat material ini adalah sebagai berikut:

  • Tahan terhadap panas dan api. Teknologi Polycarbonate dalam atap ini dapat membunuh api ketika pertama kali menyentuhnya;
  • Kedap suara;
  • Struktur yang kokoh sehingga tidak mudah rusak atau dihancurkan;
  • Ramah lingkungan;
  • Perawatan sangat mudah.

Corrugated Multiwall Polycarbonate cocok Anda aplikasikan untuk kontruksi rumah kaca, skylight, area parkir, greenhouse, kanopi, dan lain sejenisnya.

Atap ini terkenal dengan kualitas yang premium karena memiliki desain khusus berongga. Desain tersebut membuat Polycarbonate menjadi lebih elastis, padat, ringat, dan tentunya awet.

Untuk mendapatkan atap Polycarbonate dengan kualitas terbaik, Anda bisa mendapatkannya melalui https://www.lightgroupindonesia.com. Di sini, tersedia pilihan atap Polycarbonate lengkap dengan harga yang pastinya paling terjangkau. Demikian ulasan lengkap mengenai atap Polycarbonate. Semoga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang berencana untuk memasang material tersebut untuk hunian maupun jenis bangunan lain.

Diterbitkan oleh henricusyp

Founder www.tokobangunanlengkap.com Founder www.butikbatikonline.com Direktur PT. LAKSANA GRHADIKA INDONESIA, (Supply & Building Construction) Direktur CV. LIGHTGROUP INDONESIA (Building Construction) Owner of RicoGroup (Hotel & Travel) - www.wisatakeyogyakarta.com Owner of GloryGroup (Education).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: